Search for collections on Universitas YARSI Repository

KOMBINASI ANTARA NALTREXONE DAN ACAMPROSATE DALAM MENGATASI RELAPS PADA ALKOHOLISME DITINJAU DARI KEDOKTERAN DAN PANDANGANNYA MENURUT ISLAM

Rusnandi, Nandi (2018) KOMBINASI ANTARA NALTREXONE DAN ACAMPROSATE DALAM MENGATASI RELAPS PADA ALKOHOLISME DITINJAU DARI KEDOKTERAN DAN PANDANGANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (109kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (121kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)

Abstract

Alkoholisme adalah suatu keadaan dimana seorang individu telah tidak mampu lagi mengontrol banyaknya alkohol yang diminumnya dalam pengertian bahwa seseorang tidak mampu menjauhkan diri dari minuman keras atau menghentikan minumnya sesaat sebelum keracunan alkohol,Tatalaksana penyakit ini yang biasa diberikan obat-obatan seperti naltrekson kombinasi dengan akamprosat Tujuan penulis skripsi ini untuk mengetahui mekanisme dan efektifitas naltrekson kombinasi dengan akamprosat dalam mengatasi relaps pada alkoholisme di tinjau dari kedokteran dan menurut pandangannya islam. Mekanisme kerja obat naltrekson sebagai agen yang memblokir reseptor opioid terutama μ-opioid untuk pengurangan tingkat dopamine dalam nucleus accumbens dan pengurangan asupan alcohol sedangkan akamprosat bekerja dengan interaksi system neurotransmitter glutamate. Kombinasi naltrekson dan akamprosat memberikan efikasi yang lebih baik dibandingkan dengan monoterapi naltrekson dan akamprosat saja. Efek samping penggunaan kombinasi kedua obat tersebut menimbulkan kegelisahan,kelelahan dan diare. Semua jenis minuman memabukan yang terbuat dari benda apapun, baik benda itu najis atau suci termasuk kategori khamr. Dinyatakan dalam hadits Nabi, agar berobat dengan yang halal, dan dilarang menggunakan cara atau obat yang dilarang, sebagaimana dinyatakan dalam hadits Nabi. Jika seseorang menginginkan kesembuhan dari Allah SWT maka obat yang digunakan juga harus baik dan diridhai Allah SWT karena Allah melarang memasukkan barang yang haram dan merusak ke dalam tubuh manusia. Penggunaan naltrexone dan acamprosate dalam bidang medis bersifat baik, karena dapat digunakan untuk pengobatan dan menyembuhkan berbagai penyakit jika digunakan sesuai indikasinya Ilmu kedokteran dan agama Islam sejalan bahwa naltrekson dan akamprosat dapat digunakan sebagai terapi alkoholisme. Sarannya adalah bagi peneliti diharapkan agar menyebarluaskan hasil penelitian penggunaan naltrekson dan akamprosat untuk alkoholisme kepada masyarakat agar pengetahuan masyarakat mengenai terapi ini menjadi lebih baik dan bagi tenaga kesehatan khususnya dokter agar dapat menginformasikan mengenai penggunaan naltrekson dan akamprosat untuk terapi alkoholisme pada penderita sehingga dapat menjadi pilihan alternatif terapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6967-FK
Uncontrolled Keywords: alkoholisme, naltrekson, akamprosat, Islam
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 05 Jan 2024 08:53
Last Modified: 05 Jan 2024 08:53
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12375

Actions (login required)

View Item View Item