Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERBANDINGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI PADA MAHASISWA ANGKATAN 2019 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Putri, Julita Asmara (2021) PERBANDINGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI PADA MAHASISWA ANGKATAN 2019 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[thumbnail of 01. COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of 03. SURAT PERNYATAAN SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
03. SURAT PERNYATAAN SKRIPSI.pdf

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of 05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf]
Preview
Text
05. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 08. BAB I.pdf]
Preview
Text
08. BAB I.pdf

Download (967kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB II.pdf] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 13. BAB VI.pdf] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB)

Abstract

Latar Belakang: Wabah covid-19 saat ini penularannya sangat cepat sehingga pemerintah berupaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Pada sektor pendidikan berdampak pada perubahan metode pembelajaran. Metode belajar tatap muka diubah menjadi metode pembelajaran jarak jauh. Salah satu indikator pencapaian belajar mahasiswa adalah IPK. Mahasiswa kedokteran sudah seharusnya menjaga kestabilan nilai IPK untuk dapat direkrut di rumah sakit dan diterima studi spesialis. Menurut ajaran islam, manusia wajib untuk belajar kapanpun dan dimanapun serta melakukan isolasi jika terdapat wabah. Wabah virus menular merupakan ujian dan teguran atas banyaknya kerusakan di muka bumi ini. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi kedokteran angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Universitas YARSI yang menjalankan pembelajaran jarak jauh sejumlah 235 orang. Pemilihan sampel menggunakan Teknik Consecutive Sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis univariat. Hasil dan Analisis: Dari 114 responden yang merupakan mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Universitas YARSI, hasil kuesioner, data sekunder dan uji statistiknya menunjukkan bahwa rata-rata IPK semester 3 lebih tinggi dibandingkan dengan IPK semester 1 dengan perbedaan rata-rata IPK sebanyak 0.11±0.2. Kategori IPK yang mengalami peningkatan dan penurunan terbanyak yaitu kategori sangat memuaskan pada semester 1 dan sangat memuaskan pada semester 3 dimana terdapat peningkatan sebanyak 40 orang (52,6%) dan terdapat penurunan sebanyak 25 orang (70,3%). Kesimpulan: Indeks Prestasi Kumulatif selama pandemi lebih tinggi daripada sebelum pandemi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-7321-FK
Uncontrolled Keywords: IPK, PJJ, Pandemi, Kedokteran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Depositing User: Julita Putri
Date Deposited: 02 Jun 2025 08:11
Last Modified: 02 Jun 2025 08:11
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12250

Actions (login required)

View Item View Item