Nugrahani, Rizkia (2023) STRATEGI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PROMOSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS YARSI. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
1. COVER.pdf Download (85kB) | Preview |
Preview |
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (102kB) | Preview |
Preview |
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (40kB) | Preview |
Preview |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (74kB) | Preview |
Preview |
Text
11. BAB 1.pdf Download (331kB) | Preview |
Preview |
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
12. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
|
Text
13. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
|
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
15. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
|
Text
16. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
|
Text
18. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
Abstract
Melalui pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi, perpustakaan dapat memperkenalkan layanan yang tersedia dan mempromosikan kegiatan dan program yang sedang diadakan kepada pengguna. Sejalan dengan hal tersebut, pemanfaatan media sosial di Perpustakaan Universitas YARSI sudah mulai dilaksanakan dengan adanya akun media sosial @yarsi.library, namun, belum dimanfaatkan secara optimal. Selain itu, hasil survey awal yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa 100 pemustaka Perpustakaan Universitas YARSI tidak mengetahui keberadaan media sosial Perpustakaan Universitas YARSI. Penelitian ini bertujuan untuk memberi kontribusi dalam mengoptimalkan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi di Perpustakaan Universitas YARSI dan mengukur peran media sosial dalam kegiatan promosi perpustakaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Action Research. Jumlah sampel sebanyak 83 responden yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan 1) Strategi untuk mengoptimalkan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan meliputi, penyusunan panduan penamaan akun media sosial, panduan penggunaan logo, serta perlunya panduan penggunaan akun media sosial. Selain itu, pentingnya pembaharuan profil secara rutin dan penyusunan timeline informasi. 2) Peran media sosial perpustakaan universitas YARSI dalam kegiatan promosi perpustakaan dapat terlihat melalui peningkatan intensitas akun media sosial Instagram @yarsi.library. Fitur media sosial yang selalu digunakan pengguna adalah Instagram stories, dan sering melihat postingan dari reels dan feeds, pengguna juga sering menggunakan fitur like. Selain itu, pengguna juga merasa media sosial perpustakaan YARSI memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan pustakawan karena konten yang menarik, bahasa yang mudah dimengerti, cepat dalam menerima saran, complain, atau permintaaan. Selain itu pengguna merasa informasi yang ada di media sosial @yarsi.library dapat disebarkan lagi kepada pengguna lainnya.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-364-IP |
| Uncontrolled Keywords: | Media sosial, Promosi Perpustakaan, Perpustakaan Universitas YARSI |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
| Depositing User: | Rizkia Nugrahani |
| Date Deposited: | 16 May 2025 08:39 |
| Last Modified: | 16 May 2025 08:39 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/12141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
