Gifita, Salsabila (2021) HUBUNGAN PAPARAN INFORMASI DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN HIV/AIDS DI SMA NEGERI 105 JAKARTA DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Text
1. COVER.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (77kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (44kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Text
16. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
|
Text
20. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: HIV/AIDS telah menjadi masalah darurat global di seluruh dunia dengan laporan kasus baru HIV meningkat setiap tahunnya. Indonesia sendiri masuk ke dalam urutan ke-5 negara paling berisiko HIV/AIDS di Asia. Data BKKBN menunjukkan kurang lebih 50% dari pengidap AIDS di Indonesia adalah kelompok umur remaja. Paparan informasi terhadap media massa dapat mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang dalam memahami suatu hal, paparan informasi HIV/AIDS ini juga akan mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang tentang HIV/AIDS. Penyakit HIV/AIDS 80-90% penyebabnya adalah berzina dalam pengertiannya yang luas menurut ajaran Islam merupakan perbuatan keji yang diharamkan. Akan tetapi, Islam tidak mengajarkan untuk kita sebagai umatnya memberikan pandangan atau sikap yang berbeda terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan antara paparan informasi dengan tingkat pengetahuan HIV/AIDS di SMA Negeri 105 Jakarta. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 145 siswa/I SMA Negeri 105 Jakarta. Pengambilan data dilakukan pada 16 November 2020 dengan kuisioner. Hasil : Responden pada penelitian ini adalah siswa/i SMA Negeri 105 Jakarta dengan total sampel yang dapat digunakan adalah 145 orang. Hasil uji statistik (Fisher’s Exact Test) diperoleh nilai P value sebesar 1,000 artinya nilai ini > alpha (0,05) dengan demikian maka disimpulkan bahwa H0 diterima sedangkan H1 ditolak. Artinya tidak ada hubungan antara paparan informasi dengan tingkat pengetahuan HIV/AIDS. Kesimpulan: Pada penelitian ini disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan HIV/AIDS siswa/I SMA Negeri 105 Jakarta termasuk ke dalam tingkat pengetahuan baik. Dari penelitian ini diketahui bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara paparan informasi dengan tingkat pengetahuan HIV/AIDS di SMA Negeri 105 Jakarta. Menurut pandangan Islam HIV/AIDS merupakan dampak dari kehidupan yang menyimpang dari agama, dengan kata lain teguran yang Allah swt. berikan karena telah melakukan perbuatan yang dilaknat oleh agama. Sebagai muslim, diharuskan memperlakukan sesama manusia dengan adil dan tidak membeda-bedakan, termasuk kepada orang dengan HIV/AIDS (ODHA).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-7275-FK |
Uncontrolled Keywords: | Paparan informasi, tingkat pengetahuan HIV/AIDS, SMA Negeri 105 Jakarta |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RZ Other systems of medicine Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Depositing User: | SALSABILA GIFITA |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 03:43 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 03:43 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11937 |
Actions (login required)
View Item |