Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERTANGGUNGJAWABAN NOTARIS ATAS PENYIMPANGAN AKTA PERNYATAAN KEPUTUSAN RAPAT (ANALISIS TERHADAP REKAYASA HASIL RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM PERSEROAN)

Robekha, Jamiatur (2023) PERTANGGUNGJAWABAN NOTARIS ATAS PENYIMPANGAN AKTA PERNYATAAN KEPUTUSAN RAPAT (ANALISIS TERHADAP REKAYASA HASIL RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM PERSEROAN). Masters thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
6. PERNYATAAN PLAGIARISME.pdf

Download (294kB)
[img] Text
9. ABSTRAK 2202021014.pdf

Download (12kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Notaris tidak terlepas dari tugasnya dalam membuat Minuta Akta. Minuta akta merupakan Akta asli yang mencantumkan tanda tangan para penghadap, saksi, dan Notaris, yang disimpan sebagai bagian dari Protokol Notaris. Dalam minuta akta juga diberi nomor, tanggal, bulan tahun yang fungsinya untuk menjamin kepastian bahwa para pihak dan penghadap telah menghadap pada tanggal, bulan ,tahun dan waktu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan menganalisa hukum mengenai Pertanggungjawaban Notaris Atas Penyimpangan Akta Pernyataan Keputusan Rapat: Analisis Terhadap Rekayasa Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Perseroan. Dengan menggunakan Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Keabsahan Akta Pernyataan Keputusan Rapat Yang Menjadi Bukti Dalam Akta Minuta Notaris? dan Bagaimanakah Pertanggungjawaban Notaris atas Penyimpangan Akta Pernyataan Keputusan Rapat yang dibuat berdasarkan bukti yang direkayasa? Akta Pernyataan Keputusan Rapat yang selanjutnya disebut (PKR) merupakan hasil dari notulen Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dibuat di bawah tangan kemudian dituangkan ke dalam akta Notaris. Hal tersebut dapat dikuasakan kepada pihak dari Perseroan Terbatas yang bersangkutan untuk diberikan secara langsung oleh RUPS. Notaris wajib memperhatikan dengan secara detail bahwa penerima kuasa tersebut memang merupakan perwakilan dari Perseroan Terbatas (PT) yang berwenang dan memiliki kecakapan untuk membuat akta tersebut. Namun pada prakteknya dan berdasarkan kenyataan di masyarakat, apa yang dilakukan oleh Notaris masih ada yang tidak sesuai dengan prosedur yang disyaratkan oleh undang-undang atau melakukan kesalahan yang mengakibatkan timbulnya kerugian bagi para pihak yang berkepentingan maupun terhadap Notaris sendiri dan pada akhirnya menyeret Notaris dalam suatu pertanggungjawaban hukum karena kesalahan dan ketidak hati-hatiannya, baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: T-54-MKn
Uncontrolled Keywords: RUPS, Notaris, Akta Pernyataan Keputusan Rapat
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
K Law > K Law (General)
Depositing User: Jamiatur Robekha
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:22
Last Modified: 10 Nov 2023 10:22
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11921

Actions (login required)

View Item View Item