Ayu, Vika Rahmah (2023) ANALISIS MANFAAT E-BOOKLET DALAM MENGEDUKASI GANGGUAN PERASAAN PADA SISWA SMAIT ASY-SYUKRIYYAH KELAS 12 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
1. COVER.pdf Download (68kB) | Preview |
Preview |
Image
2. HALAMAN PENGESAHAN.PDF Download (3MB) | Preview |
Preview |
Image
3. SURAT PERNYATAAN.PDF Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (60kB) | Preview |
|
Text
9. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
|
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
|
|
Text
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
|
Text
14. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
|
Text
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
Abstract
Pendahuluan: Gangguan perasaan, seperti kecemasan atau depresi, mempengaruhi emosi, energi, serta motivasi seseorang dan telah menjadi masalah global. Tingkat pengetahuan masyarakat tentang kesehatan jiwa masih rendah tidak terkecuali pada remaja. Masa remaja berhubungan dengan masa peralihan sehingga bermunculan banyak stressor yang dapat memicu gangguan perasaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis manfaat e-booklet dalam mengedukasi remaja tentang gangguan perasaan. Metodologi: Penelitian quasi-experimental dengan metode cross sectional melibatkan 89 responden siswa-siswi SMAIT Asy-Syukriyyah kelas 12. Responden mendapat edukasi melalui e-booklet. Tingkat pengetahuan dan sikap dinilai dari nilai pretest dan post-test yang dilakukan sebelum dan sesudah edukasi. Analisis data menggunakan analisis bivariat uji Wilcoxon. Hasil: Terdapat peningkatan rerata nilai pengetahuan yang bermakna sebelum dan sesudah edukasi (48,15 ± SD 17,76 dan 68,31 ± SD 24,28; p=0,01). Komponen pengetahuan yang meningkat cukup besar adalah pengetahuan tentang jenis gangguan kecemasan dan pencegahan depresi. Sikap responden tentang gangguan perasaan sudah baik dan tidak ada perbedaan bermakna sebelum dan sesudah edukasi (72,95 ± SD 8,52 dan 73,85 ± SD 8,71; p=0,67). Simpulan: Terdapat peningkatan yang bermakna pengetahuan responden tentamng gangguan perasaan setelah mendapatkan edukasi melalui e-booklet.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-7669-FK |
| Uncontrolled Keywords: | Gangguan Mood, Depresi, Kekhawatiran, E-Booklet, Remaja. |
| Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
| Depositing User: | Vika Ayu |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 02:03 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 02:03 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11907 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
