Search for collections on Universitas YARSI Repository

APLIKASI PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN METAMORFOSIS PADA HEWAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Yudayono, Susilo (2022) APLIKASI PENGENALAN DAN PEMBELAJARAN METAMORFOSIS PADA HEWAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Other (File Scan)
4. HALAMAN PENGESAHAN.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Other (File Scan)
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
16. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)

Abstract

Metamorfosis merupakan salah satu materi dalam matapelajaran ilmu pengetahuan alam yang wajib dipelajari oleh seluruh siswa sekolah dasar. Materi pembelajaran ini biasa dilakukan oleh para guru hanya menggunakan media pembelajaran berupa buku dan juga biasanya disampaikan melalui lisan, sedangkan untuk praktikum materi ini hanya mengandalkan video saja untuk melihat apa saja tahapan yang dilalui pada proses metamorfosis. Aplikasi METAMOR yang merupakan aplikasi berbasis android, dengan menggunakan Bahasa pemrograman C#, dengan software Blender yang digunakan untuk membuat objek 3D dan Unity yang membangun sebuah aplikasi. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil yang didapat dari penelitian ini berupa aplikasi edukasi yang berisikan teks, gambar, musik, objek 3D, serta fitur kuis sebagai tolak ukur pemahaman dalam materi metamorfosis. Pada penelitian ini juga penulis menggunakan pengujian aplikasi menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil yang didapat dari pengujian ini yaitu 93,04 dari nilai maksimalnya yaitu 100 dari jumlah responden berjumblah 32 reponden, dengan begitu sistem dinyatakan acceptable dan termasuk dalam grade A dengan rating excellent. Berdasarkan tinjauan ajaran Islam, aplikasi METAMOR sudah sesuai sebagai media pembelajaran karena tidak bertentangan dengan ketenuan ajaran Islam, dan juga aplikasi ini tidak memiliki unsur yang dapat menjadikannya sebuah media pembelajaran yang haram untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-871-FTI
Uncontrolled Keywords: Metamorfosis, Media Pembelajaran, Multimedia Life Cycle, System Usability Scale
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QL Zoology
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Susilo Yudayono
Date Deposited: 03 Apr 2024 12:29
Last Modified: 03 Apr 2024 12:29
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item View Item