Search for collections on Universitas YARSI Repository

AKAD MURABAHAH DALAM AKTA PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH BERSUBSIDI OLEH NOTARIS DI KABUPATEN BOGOR (Studi Kasus Terhadap Akad Pembiayaan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah)

Selorina, Erika (2023) AKAD MURABAHAH DALAM AKTA PEMBIAYAAN KEPEMILIKAN RUMAH BERSUBSIDI OLEH NOTARIS DI KABUPATEN BOGOR (Studi Kasus Terhadap Akad Pembiayaan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah). Masters thesis, Universitas YARSI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
3. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text
6. PERNYATAAN PLAGIARISME.pdf

Download (158kB)
[img] Text
9. ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini Mengetahui dan menganalisis peran notaris pada pembuatan akta pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi dan Mengetahui dan menganalisis akad murabahah dalam akta pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi oleh notaris di Kabupaten Bogor. Permasalahan hukum yang melibatkan notaris, bank syariah dan nasabah yang berstatus masyarakat berpenghasilan rendah dalam aksesi mendapatkan kepastian hukum dari akta pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi di bank syariah sehingga membutuhkan formulasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan pendekatan peraturan perundang-undangan, norma dan doktrin sebagai kajian utama, namun ditunjang pula oleh pendekatan empiris seperti wawancara guna melengkapi data yuridis yang telah ada. Hasil Penelitian menemukan bahwa peran notaris dalam pembuatan akta pembiayaan rumah bersubsidi menggunakan akad murabahah belum banyak dilakukan oleh perbankan syariah, notaris dalam hal ini sebagai pejabat umum yang membuat akta lebih berperan kepada pembuatan akta pembiayaan rumah komersil biasa, sedangkan ketika rumah tersebut bersubsidi belum banyak rekanan bank syariah yang menggunakan notaris. Oleh karena itu pengembangan model saat ini notaris diperlukan untuk membuat akta pembiayaan bagi rumah bersubsidi, karena dalam praktiknya, nasabah ada pada posisi lemah di setiap akta, untuk itu dengan adanya notaris membuat akta pembiayaan dengan harga yang terjangkau ikut melindungi kepastian hukum nasabah yang berpenghasilan rendah mempunyai akta otentik. Saat ini juga akad murabahah masih menjadi pilihan bagi nasabah dalam pembelian rumah di bank syariah, karena margin yang ditawarkan oleh bank tidak besar dan pasti karena sudah disampaikan di awal. Namun perlu ada konsep hukum Islam yang kaffah dalam pembuatan aktanya, untuk itu penelitian ini diharapkan dapat membuat suatu konsep anatomi akad murabahah sesuai dengan kaidah perundang-undangan yang berlaku dan nilai-nilai hukum Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: T-50-MKn
Uncontrolled Keywords: akad murabahah, akta pembiayaan, notaris, rumah bersubsidi, bank syariah
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Depositing User: Erika Selorina
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:59
Last Modified: 01 Nov 2023 02:59
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11799

Actions (login required)

View Item View Item