Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGEMBANGAN GIM EDUKASI PENGENALAN BAHASA KOREA GAUL MENGGUNAKAN TEKNOLOGI REALITAS TERTAMBAH BERBASIS ANDROID

Afifah, Erika Nur (2022) PENGEMBANGAN GIM EDUKASI PENGENALAN BAHASA KOREA GAUL MENGGUNAKAN TEKNOLOGI REALITAS TERTAMBAH BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Image
4. HALAMAN PENGESAHAN.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Image
3. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
16. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Korean Foundation, jumlah penggemar hallyu tercatat sebanyak 156.6 juta dari 116 negara pada Desember tahun 2021. Korea memiliki bahasa gaul yang beragam yang telah diciptakan langsung oleh remaja Korea. Kini bahasa gaul bukan lagi hanya sebuah kode, tetapi sudah menjadi bahasa sehari-hari yang digunakan oleh remaja Korea maupun Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu membuat sebuah gim edukasi pengenalan Bahasa Korea Gaul yang dipisahkan berdasarkan ungkapan ekspresi menggunakan teknologi Realitas Tertambah yang menampilkan objek 3D karakter ekspresi. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu Game Development Life Cycle (GDLC). Hasil dari penelitian berupa gim edukasi yang berisi teks, audio, gambar, objek 3D, serta gameplay kuis sebagai tolak ukur pemahaman pemain dalam proses pengenalan Bahasa Korea Gaul menggunakan teknologi Realitas tertambah. Pengujian dilakukan menggunakan black box dan beta. Secara keseluruhan dari hasil pengujian yang telah dilakukan, gim YuHengO merupakan sebuah gim edukasi yang dapat diterima dengan sangat baik. Berdasarkan tinjauan Islam, gim YuHengO sudah sesuai dengan ketentuan Islam sebagai media pembelajaran karena tidak memiliki suatu unsur yang dapat menjadikannya sebuah gim yang haram untuk dimainkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-866-FTI
Uncontrolled Keywords: Bahasa Korea Gaul, Gim Edukasi, GDLC, Realitas Tertambah
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Erika Afifah
Date Deposited: 02 Apr 2024 12:01
Last Modified: 02 Apr 2024 12:01
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11637

Actions (login required)

View Item View Item