Apilia, Farah Fadilah (2021) PEMAHAMAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA DALAM MENYIKAPI HOAX COVID-19 DI MEDIA SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE BIG-6. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. Judul Cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
5. Halaman Pengesahan.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
4. Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab 1.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (216kB) | Preview |
|
Text
12. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text
13. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (227kB) |
||
Text
14. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
15. Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
||
Text
16. Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
||
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
Abstract
Hoax terkait covid-19 di media sosial mengalami kenaikan dibandingkan sebelum pandemi covid-19 terjadi. Dampak dari hoax disaat pandemi covid-19 ini telah menimbulkan rasa panik dan resah pada masyarakat. Mahasiawa sebagai pengguna media sosial terbesar menjadi perhatian dalam penelitian ini karena hoax sangat berbahaya jika dipercaya dan kemampuan literasi yang baik diyakini dapat mengatasi hoax. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana pemahaman literasi informasi mahasiswa dalam menyikapi informasi hoax tentang covid-19 yang ada di media sosial. 2) Mengetahui pandangan Islam terhadap pemahaman literasi informasi mahasiswa dalam menyikapi informasi hoax tentang covid-19 yang ada di media sosial. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. teknik pengambilan sampel dari penelitian ini adalah sampel insidental. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur, dan triangulasi. Hasil penelitian menggunakan model the big 6 yaitu Seluruh informan mampu melakukan perumusan masalah dan identifikasi informasi yang dibutuhkan. Se�luruh informan mampu menentukan sumber yang akan digunakan dan enam in�forman melakukan evaluasi terhadap media sosial mana yang terbaik. Seluruh in�forman mampu mengalokasikan sumber dan menemukan informasi dalam sumber yang telah dipilih. Seluruh informan mampu menemukan informasi dari berbagai sumber dan dua informan melakukan pembatasan terhadp informasi dari berbagai sumber. Satu Informan meorganisasikan atau menyimpan informasi yang telah didapatkan dan seluruh mahasiswa menyampaikan kembali informasi. Seluruh In�forman melakukan evaluasi dari sisi evaluasi dan efesiensi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-330-IP |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Informasi, Hoax Covid-19 di Media Sosial, The Big 6 Model |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education R Medicine > RA Public aspects of medicine T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Depositing User: | Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 03:21 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 03:21 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11619 |
Actions (login required)
View Item |