Search for collections on Universitas YARSI Repository

PROBLEMATIKA PENERAPAN CYBER NOTARY DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2004 TENTANG JABATAN NOTARIS

Prabu, Nurul Muna Zahra (2019) PROBLEMATIKA PENERAPAN CYBER NOTARY DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 2014 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 2004 TENTANG JABATAN NOTARIS. Masters thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
COVER - NURUL MUNA - MKN 2202017005.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN - NURUL MUNA - MKN 2202017005.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK - NURUL MUNA - MKN 2202017005.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami dan menganalisis bagaimana keabsahan akta notaris yang terbit dari peraturan wilayah kerja berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 dan menganalisis kedudukan cyber notary saat ini dalam kaitan wilayah kerja notaris dan hambatan dalam implementasinya. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis-normatif. Referensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah buku-buku, jurnal, sumber dari media elektronik, dokumen akta, dan peraturan perundang-undangan serta peraturan kebijakan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelakanaan keabsahan akta Cyber Notary yang terbit melalui praktik Cyber Notary berdasarkan Undang-Undang Jabatan Notaris mendapat payung hukumnya melalui Pasal 15 ayat (3) dan pasal 16 ayat (7) dan membuka peluang dilakukannya cyber notary atas adanya dokumen elektronik maupun akta elektronik karena tidak wajibnya Pembacaan Akta dihadapan notaris manakala penghadap meghendaki agar Akta tidak dibacakan karena penghadap telah membaca sendiri, mengetahui, dan memahami isinya, dengan ketentuan bahwa hal tersebut dinyatakan dalam penutup Akta serta pada setiap halaman Minuta Akta diparaf oleh penghadap, saksi, dan Notaris. Kedudukan cyber notary saat ini dalam kaitan wilayah kerja notaris dan hambatan dalam impelementasinya dapat diselesaikan dengan dikaitkan dengan pertentangan norma antara pemberlakuan Cyber notary yang melanggar wilayah kerja notaris karena sifat dasarnya yang bordeless (Lintas batas wilayah) dan real time online (berbasis pada waktu terkini) maka patutlah dipandang aspek keadilan didalamnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: T-5-MKn
Uncontrolled Keywords: Problematika, Cyber Notary, dan UU Jabatan Notaris
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 26 May 2023 06:25
Last Modified: 26 May 2023 06:25
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item View Item