Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA ANAK 6-12 BULAN DI KELURAHAN CIKINI KECAMATAN JAKARTA PUSAT TAHUN 2018 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Jarofiyah, Siti (2018) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN PEMBERIAN IMUNISASI DASAR LENGKAP PADA ANAK 6-12 BULAN DI KELURAHAN CIKINI KECAMATAN JAKARTA PUSAT TAHUN 2018 DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK INGGRIS DAN INDONESIA.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
15. ANGGARAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)

Abstract

Latar belakang: Pada tahun 2015 Indonesia memiliki cakupan imunisasi campak yang sedikit lebih rendah dari pada tahun 2014, yaitu sebesar 92,3%. pencapaian indikator di Indonesia pada tahun 2015 sebesar 86,54%, dimana angka ini belum mencapai target Renstra pada tahun 2015 yang sebesar 91%. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan bayi tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap diantaranya karena alasan informasi, motivasi dan situasi. Alasan informasih berupa kurangnya pengetahuan ibu tentang kebutuhan, kelengkapan dan jadwal imunisasi dapat berpengaruh terhadap pemberian dan status kelengkapan imunisasi pada anak. Tujuan: Mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan pemberian imunisasi dasar lengkap pada anak 6-12 bulan. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling mnggunakan cluster random sampling. Besar sampel adalah 49 ibu yang memiliki anak 6-12 bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dan status kelengkapan imunisasi. Teknik analisis data menggunakan uji spearman. Hasil penelitian: Pada penelitian ini didapatkan 38.8% responden memiliki tingkat pengetahuan dengan kategori baik, 44.9% responden memiliki tingkat pengetahuan dengan kategori cukup dan 16.3% responden memiliki tingkat pengetahuan dengan kategori kurang, sedangankan untuk status kelengkapan imunisasi sebanyak 59.2% responden mengimunisasikan anaknya secara lengkap. Berdasarkan analisis data, hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan pemberian imunisasi diperoleh hasil p=0,001, yang berarti terdapat hubungan antara tingkat pengetahaun ibu dengan pemberian imunisasi dasar lengkap. Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan ibu dengan pemberian imunisasi dasar lengkap di Kulurahan Cikini Kecamatan Menteng, dimana anak yang mempunyai ibu dengan pengetahuan tentang imunisasi yang baik mempunyai status imunisasi dasar yang lengkap dibandingkan dengan anak yang mempunyai ibu dengan pengetahuan kurang baik terhadap imunisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6948-FK
Uncontrolled Keywords: Pengetahaun, Ibu, Imunisasi Dasar Lengkap, Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 04 May 2023 04:01
Last Modified: 04 May 2023 04:01
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11340

Actions (login required)

View Item View Item