Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN KADAR SERUM ALBUMIN DENGAN STATUS GIZI PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKITANNA MEDIKA BEKASI DAN TINJAUANNYA DARI SISI ISLAM

Laurents, Silvia (2018) HUBUNGAN KADAR SERUM ALBUMIN DENGAN STATUS GIZI PADA PASIEN YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKITANNA MEDIKA BEKASI DAN TINJAUANNYA DARI SISI ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Lembar pengesahan Skripsi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-SILVIA LAURENTS.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-SILVIA LAURENTS.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB 2-SILVIA LAURENTS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB 3-SILVIA LAURENTS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB 4-SILVIA LAURENTS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB 5-SILVIA LAURENTS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB 6-SILVIA LAURENTS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN-SILVIA LAURENTS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)

Abstract

Latar Belakang :Gagal ginjal kronik dapat menyebabkan hipoalbuminemia akibat dari pengeluaran asam amino melalui dialisis dan penurunan sintesis protein pada pasien hemodialisis. Banyak faktor lain yang mempengaruhi keadaan tersebut salah satunya yaitu status gizi (malnutrisi) pasien itu sendiri. Maka dari itu pasien selain melakukan hemodialisis perlu pula dilakukan terapi konservatif berupa pengaturan diet (protein dan air). Maka dari itu diperlukan juga pemeriksaan berkala pada pasien hemodialisis berupa pemeriksaan kadar serum albumin dan subjective global nutrition assesment (SGA).Islam mengajarkan kita mengenai maqashid al-Syari’at yang berarti maksud atau tujuan disyariatkannya hukum Islam.Tujuan disyaritkan hukum Islam yaitu menjaga pola makan yang sehat dan bergizi yaitu makanan yang halalan thayyiban. Metode :Penelitian ini dilakukan secara korelasi.Populasi dalam penelitian ini adalah pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis di Rumah Sakit Anna Medika Bekasi. Pemilihan sampel menggunakan teknik Random sampling dengan syarat memenuhi kriteria inklusi.Pengambilan data primer (kuesioner SGA) dan sekunder (laboratorium). Analisis data dilakukan dengan uji Chi�square. Hasil :Dari 55 responden pasien hemodialisis yang dilakukan pemeriksaan kadar serum albumin dan SGA terdapat 10 responden dengan skor SGA A dengan hipoalbuminemia, 42 responden dengan skor SGA A dengan kadar serum albumin normal, 1 responden dengan skor SGA C dengan kadar serum albumin normal dan 2 responden dengan skor SGA A dengan hiperalbuminemia. Dari hasil uji statistik hubungan kadar serum albumin dan status gizi didapatkanPearson Chi-Square.28 (P > 0,05). Simpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna (P > 0,05) hal ini disebabkan karena albumin bukan merupakan satu-satunya faktor penyebab malnutrisi, terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi seperti pemberian nutrisi, inflamasi, penyakit penyerta lain. Semua yang terjadi pada manusia itu tergantung pada manusia itu sendiri dalam menjaga makanan dan minuman yang halalan thayyiban dan tidak berlebihan terutama pada pasien GGK karena bisa menyebabkan malnutrisi. Dimana dalam penelitian ini kadar serum albumin yang menurun merupakan penanda dari pada malnutrisi itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6944-FK
Uncontrolled Keywords: Gagal Ginjal Kronik, Status Gizi, SGA, Hemodialisis
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 04 May 2023 03:08
Last Modified: 04 May 2023 03:08
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11335

Actions (login required)

View Item View Item