Search for collections on Universitas YARSI Repository

TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA MENYANGKUT DISTRIBUSI MASKER KECANTIKAN BERDASARKAN TEORI KEPELAKUAN FISIK STUDI PUTUSAN: PENGADILAN NEGERI JAKARTA BARAT NOMOR 142/Pid.Sus/2020/PN JKT.Brt

Sulaiman, Melcy Orillia (2021) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA MENYANGKUT DISTRIBUSI MASKER KECANTIKAN BERDASARKAN TEORI KEPELAKUAN FISIK STUDI PUTUSAN: PENGADILAN NEGERI JAKARTA BARAT NOMOR 142/Pid.Sus/2020/PN JKT.Brt. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Halaman Pengesahan.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Pernyataan Orisinalitas Skripsi (2).pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB) | Preview
[img] Text
12. BAB II TINDAK PIDANA PERLINDUNGAN KONSUMEN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
13. BAB III KETERCELAAN PERILAKU PIDANA TERDAKWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
14. BAB IV TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA DARI SUDUT PANDANG ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (969kB)
[img] Text
15. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Perkembangan ekonomi pada bidang perindustrian dan perdagangan serta perkembangan teknologi menyebabkan meningkatnya perilaku konsumtif pada masyarakat. Seiring dengan berkembangnya ekonomi dan teknologi tersebut membuat para pelaku usaha dapat memasarkan produknya secara online melalui market place. Salah satu dari produk yang dipasarkan secara online adalah kosmetik, mulai dari kosmetik tradisional sampai dengan kosmetik modern. Akan tetapi, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan kepercayaan konsumen dengan melakukan kecurangan semata-mata untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan mengabaikan peraturan. Seperti menjual barang dengan harga tinggi namun tidak sesuai dengan kualitas, selain itu banyak pula pelaku usaha yang melakukan jual-beli tanpa izin edar dari pihak yang berwenang dan meracik produk kosmetik tanpa keahlian khusus. Tanggung jawab pelaku usaha terhadap perilaku curang guna melindungi konsumen dari dampak yang tidak diinginkan sangat penting. Dalam Islam tanggung jawab merupakan salah satu sifat mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertimbangan hakim terhadap pembebanan pertanggung jawaban menyangkut ketercelaan perilaku pelaku usaha yang melakukan kecurangan dan tanggung jawab dari sudut pandang Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka dan data sekunder. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: (1) harus terpenuhinya unsur-unsur delik, maka perilaku tersebut dapat dikatakan tercela atau melawan hukum; (2) dengan dianggap mampu bertanggung jawab, maka seseorang dapat dibebankan pertanggungjawaban; (3) dalam Islam setiap manusia harus mempertanggung jawabkan setiap perbuatannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-691-FH
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab, pelaku usaha, kepelakuan fisik.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:50
Last Modified: 17 Apr 2023 02:50
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11307

Actions (login required)

View Item View Item