Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERBANDINGAN KUALITAS MINYAK BIJI BUNGA MATAHARI DAN MINYAK KELAPA SAWIT BERDASARKAN ASAM LEMAK BEBAS DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Amelia, Irsanny Nur Asyiah (2020) PERBANDINGAN KUALITAS MINYAK BIJI BUNGA MATAHARI DAN MINYAK KELAPA SAWIT BERDASARKAN ASAM LEMAK BEBAS DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
09. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text
13. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Latar Belakang: Konsumsi minyak nabati di Indonesia masih di dominasi oleh minyak kelapa sawit (sebesar 41 %) namun minyak kelapa sawit memiliki asam lemak jenuh dengan kadar tinggi yang menyebabkan timbulnya penyakit kardiovaskuler. minyak bunga matahari termasuk golongan minyak rendah kolesterol menyaingi minyak nabati lainnya. Selain jenis minyaknya, cara penggorengan yang berulang-ulang juga dapat meningkatkan risiko Penyakit Jantung Koroner. salah satu cara mencegah penyakit tersebut adalah dengan mengganti minyak nabati yang memiliki kadar asam lemak bebas yang lebih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas minyak biji bunga matahari dibandingkan dengan minyak kelapa sawit berdasarkan kadar asam lemak bebas dan pandangannya menurut Islam. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratorik invitro dengan menguji kandungan asam lemak bebas yang terdapat dalam minyak biji bunga matahari dan minyak kelapa sawit menggunakan titrasi alkametri berdasarkan standar SNI 7709 : 2012. Analisis data didapatkan dengan uji ANOVA menggunakan Microsoft Excel. Hasil: Dari hasil penelitian didapatkan asam lemak bebas pada minyak biji bunga matahari baik yang tidak dipanaskan maupun dipanaskan 5 menit, 15 menit dan 30 menit lebih kecil dibandingkan dengan minyak kelapa sawit baik yang tidak dipanaskan maupun dipanaskan 5 menit, 15 menit maupun 30 menit. Nilai rata-rata minyak biji bunga matahari baik yang tidak dipanaskan, dipanaskan 5 menit, 15 menit dan 30 menit berturut-turut adalah 0.128%, 0.185%, 0.202%, dan 0.246% sedangkan minyak kelapa sawit baik yang tidak dipanaskan, dipanaskan 5 menit, 15 menit dan 30 menit berturut-turut adalah 0.224%, 0.288%, 0.290%, dan 0.344% (p=0.0000046) Kesimpulan: Kualitas minyak biji bunga matahari lebih baik dibandingkan dengan minyak kelapa sawit. Semakin lama pemanasan terjadi semakin buruk pula kualitas dari minyak tersebut dilihat dari semakin meningkatnya asam lemak bebas pada minyak yang diteliti. Dalam pandangan islam, minyak goreng diupayakan untuk mencari yang halal dan thayyib serta kualitas yang baik dalam rangka menjaga kesehatan sebagaimana sabda Rasulullah SAW “Dari Ibnu „Abbās ra berkata bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda:‟Banyak manusia merugi karena dua nikmat; kesehatan dan waktu luang”. (H.R. Bukhari).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6906-FK
Uncontrolled Keywords: Minyak biji bunga matahari, minyak kelapa sawit, asam lemak bebas, pemanasan berulang-ulang, penyakit jantung coroner.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 04 Apr 2023 07:10
Last Modified: 04 Apr 2023 07:10
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11225

Actions (login required)

View Item View Item