Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGETAHUAN PSN (PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK) DBD (DEMAM BERDARAH DENGUE) PADA MASYARAKAT KECAMATAN KALIDERES, JAKARTA BARAT (PENYULUHAN DENGAN PRE TEST – POST TEST DESIGN) DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Qatrunnada, Salsabila Azmi (2021) PENGETAHUAN PSN (PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK) DBD (DEMAM BERDARAH DENGUE) PADA MASYARAKAT KECAMATAN KALIDERES, JAKARTA BARAT (PENYULUHAN DENGAN PRE TEST – POST TEST DESIGN) DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan 1102017207.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
8. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
12. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)

Abstract

Latar Belakang: DBD (Demam Berdarah Dengue) adalah penyakit infeksi yang sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) di Indonesia. Data Dinas Kesehatan DKI Jakarta tahun 2019 menunjukkan masih di dapatkan 8382 kasus di Provinsi DKI jakarta dengan Jakarta Barat menjadi wilayah kedua terbanyak mempunyai kasus DBD (2186 kasus). Penyuluhan kesehatan tentang PSN DBD merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menambah pengetahuan tentang PSN DBD dengan tujuan merubah perilaku masyarakat untuk melakukan tindakan pencegahan DBD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengetahuan PSN DBD yang bermakna antara sebelum dan sesudah penyuluhan. Menurut pandangan islam seseorang yang menyerukan kepada masyarakat tentang kebaikan merupakan salah satu orang yang mulia karena melakukan salah satu perintah Allah. Metode: Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan design penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Pre-experimental One group pre test – post test design. Populasi yang digunakan adalah masyarakat (18 – 65 tahun dan yang bersedia mengikuti penyuluhan kesehatan dengan aplikasi zoom) yang berdomisili di Kelurahan Pegadungan (IR DBD tinggi) dan Kelurahan Kamal (IR DBD rendah), Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat dengan sampel sebanyak 100 orang (50 dari Kelurahan pegadungan dan 50 orang dari Kelurahan Kamal). Sampel dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi dengan menggunakan metode sampling total sampling. Pengambilan data dilakukan pada periode Desember 2020 s/d Januari 2021 dengan memberikan penyuluhan memakai aplikasi zoom dan juga membagikan kuesioner pre test - post test melalui google form. Analisis data untuk uji hipotesis menggunakan Wilcoxon. Hasil: Skor pengetahuan responden sesudah penyuluhan di Kelurahan Pegadungan menunjukkan terdapat 5 responden mengalami penurunan, 38 responden mengalami peningkatan dan 7 responden mempunyai skor yang sama dengan sebelum penyuluhan. Sedangkan, Skor pengetahuan responden sesudah penyuluhan di Kelurahan Kamal menunjukkan terdapat 12 responden mengalami penurunan, 21 responden mengalami peningkatan dan 17 responden mempunyai skor yang sama dengan sebelum penyuluhan. Hasil uji statistik pada responden di Kelurahan Pegadungan dijumpai perbedaan pengetahuan yang bermakna (p<0,000), sedangkan di Kelurahan Kamal tidak (p>0,181). Kesimpulan: Skor Pengetahuan PSN DBD pada masyarakat di Kelurahan Pegadungan mempunyai perbedaan yang bermakna antara sebelum dan sesudah penyuluhan. Sedangkan, pada masyarakat di Kelurahan Kamal tidak. Menurut islam orang-orang yang memiliki pengetahuan akan ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Dalam hal kesehatan atau penyakit semakin tinggi tingkat pengetahuan seseorang tentang pengetahuan PSN DBD diharapkan dapat menjaga kesehatan sendiri dan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6894-FK
Uncontrolled Keywords: Penyuluhan Kesehatan, Pengetahuan, PSN, DBD
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2023 06:33
Last Modified: 31 Mar 2023 06:33
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11200

Actions (login required)

View Item View Item