Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI MULIA 1 DAN TINJAUANNYA DARI SISI ISLAM

Khairin, Khalfia (2018) HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA BUDI MULIA 1 DAN TINJAUANNYA DARI SISI ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB 1.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
08. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
09. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text
12. BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Faktor yang mempengaruhi penurunan fungsi kognitif pada seseorang adalah penurunan fungsi sistem saraf. Pada lanjut usia pasti mengalami proses penuaan yang berakibat pada penurunan kemampuan fungsi tubuh salah satunya adalah sistem saraf yang dapat berakibat pada kemampuan fungsi kognitif pada lanjut usia mengalami penurunan fungsi kognitif ringan ataupun berat, tidur adalah hal yang penting untuk mengoptimalkan fungsi kognitif. Kebutuhan tidur akan berkurang dengan semakin berlanjutnya usia seseorang. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan fungsi kognitif pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1 dan tinjauannya dari sisi Islam . Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Data primer yang didapatkan merupakan hasil sampling dengan metode simple random sampling. Data yang didapatkan berupa data kategorik dengan sekala ukur nominal, sehingga untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dengan fungsi kognitif digunakan uji statistik Chi-Square. Penyajian dan analisis Korelasi Chi-Square dilakukan dengan software SPSS Statistics 17.0 for Windows. Hasil: Data yang didapatkan berupa data kategorik dan data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi Square. Jumlah sample sebanyak 71 responden hasil penelitian menunjukan bahwa frekuensi responden sebagian besar memiliki frekuensi responden yang memiliki kualitas tidur baik adalah sebanyak 56 responden (79%). Sementara responden yang memiliki kualitas tidur buruk adalah sebanyak 15 responden (21%). Berdasarkan uji statistik Korelasi Chi Square didapatkan nilai p-value yaitu sebesar 0,268 > α = 0,10. Simpulan: Hasil ini menunjukkan bahwa p-value > alpha yang mengakibatkan H0 diterima dan H1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan fungsi kognitif di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia I. Tidur adalah sunnatullah, aturan biologis yang dapat dijadikan sebagai alat untuk menyehatkan tubuh, karena dengan tidur badan bisa beristirahat setelah seharian melakukan aktivitas dan juga bisa mengoptimalkan fungsi kognitif. Kebutuhan tidur akan berkurang dengan semakin berlanjutnya usia seseorang. Pada lansia akan mengalami penurunan kualitas tidur dan perubahan irama sirkadian atau siklus terang gelap yang akan diikuti dengan penurunan kesehatan fungsional tubuh (fungsi kognitif). Saran: Penelitian lebih lanjut, dengan lebih banyak sampel lansia dari berbagai panti sosial, diperlukan untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6872-FK
Uncontrolled Keywords: Fungsi Kognitif, Kualitas Tidur, Lansia
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2023 02:42
Last Modified: 30 Mar 2023 02:42
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11172

Actions (login required)

View Item View Item