Search for collections on Universitas YARSI Repository

HUBUNGAN GANGGUAN SENDI TEMPOROMANDIBULAR DENGAN KEBIASAAN PARAFUNGSIONAL SERTA TINJAUANNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Indria, Aldita Nabila (2023) HUBUNGAN GANGGUAN SENDI TEMPOROMANDIBULAR DENGAN KEBIASAAN PARAFUNGSIONAL SERTA TINJAUANNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text
09. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Text
10. BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
11. BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] Text
12. BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)

Abstract

Latar Belakang: Sistem Stomatognati memiliki peranan yang penting dalam menjalankan fungsi dari rongga mulut, seperti berbicara, mengunyah, menelan, menghisap, membuka dan menutup mulut, serta estetika wajah. Keadaan TMJ yang normal yakni posisi kondilus mandibularis berada pada sentral fossa mandibularis dan menunjukkan oklusi sentrik yang memengaruhi fungsi fisiologis dari TMJ. Gangguan TMJ dipengaruhi oleh kebiasaan parafungsional. Islam menjelaskan bahwa setiap manusia dalan setiap langkah nya selalu dijaga dan dipelihara oleh malaikat-malaikat yang ditugaskan oleh Allah SWT termasuk kebiasaan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan gangguan sendi temporomandibular dengan kebiasaan parafungsional serta tinjauannya dalam perspektif Islam. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah systematic literature review (SLR) dengan menggunakan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses). Data yang eligible dinilai kualitasnya dengan sistem NOS (The Newcastle-Ottawa-Scale) quality journal. Jurnal inklusi yang eligible adalah dengan nilai NOS ≥7. Terdapat 9 jurnal yang eligible. Systematic literature review ini juga dilakukan dengan machine learning, caranya adalah dengan melakukan input seluruh data yang telah diberi label inklusi dan ekslusi secara manual ke google collaborator. Hasil Penelitian: Hasil evaluasi yang penulis dapatkan menunjukkan bahwa model dengan algoritma SVM berhasil mendapatkan akurasi tertinggi dengan nilai 68.75% pada tahap screening Title-Abstract, dan mendapatkan nilai recall yang sangat baik, yakni 100%. Kesimpulan: Penelitian dengan systematic literature review ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara gangguan sendi temporomandibular dengan kebiasaan parafungsional. Kebiasaan parafungsional tersebut ialah bruksisme, dengan faktor pengaruh stres. Menurut tinjauan Perspektif Islam, kebiasaan parafungsional adalah suatu kebiasaan yang mengganggu aktivitas tidur manusia, dan tidak diperbolehkan untuk dilakukan. Kebiasaan tersebut hanya akan membawa kemudharatan atau membawa penyakit gangguan sendi temporomandibular.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-49-KG
Uncontrolled Keywords: Sistem Stomatognati, TMJ, Gangguan TMJ, Kebiasaan Parafungsional, Systematic Literature Review, NOS, Bruksisme, Stres.
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: Aldita Indria
Date Deposited: 02 May 2023 07:00
Last Modified: 05 Jun 2023 07:53
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11119

Actions (login required)

View Item View Item