Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERAN STRATEGI COPING TERHADAP KUALITAS HIDUP TERKAIT KESEHATAN PADA REMAJA YANG BERMAIN GAME ONLINE SERTA TINJAUANNYA DALAM ISLAM

Tuasamu, Widya Silva (2021) PERAN STRATEGI COPING TERHADAP KUALITAS HIDUP TERKAIT KESEHATAN PADA REMAJA YANG BERMAIN GAME ONLINE SERTA TINJAUANNYA DALAM ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 LEMBAR PENGESAHAN widya silva.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PERNYATAAN widya silva.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK widya silva.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I widya silva.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 Daftar Pustaka widya silva.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
BAB II widya silva.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
BAB III widya silva.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV widya silva.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
BAB V widya silva.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
BAB VI widya silva.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN widya silva.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)

Abstract

Bermain game online memiliki dampak negatif terhadap individu seperti kehilangan hubungan interpersonal, kegagalan mengatasi tanggung jawab, mengalami gangguan pada aspek kehidupan dan kesehatan yang buruk sehingga sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup terkait kesehatan yang mencakup aspek fisik, psikologis, hingga sosial. Remaja dinilai paling rentan terhadap pengaruh game online. sehingga untuk mengatasi berbagai masalah tersebut. remaja perlu memiliki strategi coping sehingga dapat mempengaruhi kualitas hidupnya. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bagaimana peran strategi coping terhadap kualitas hidup terkait kesehatan pada remaja yang bermain game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah accidental sampling. Penelitian ini menggunakan 2 alat ukur, yaitu Ways of Coping dimensi Problem Focused coping (cronbach alpha: 0,883) dimensi Emotional focused coping (cronbach alpha: 0,859) untuk mengukur dimensi strategi coping dan KIDSCREEN-27 (cronbach alpa: 0,728) untuk mengukur dimensi kualitas hidup terkait kesehatan. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 151 remaja yang aktif bermain game online di wilayah DKI Jakarta. Strategi coping memiliki dua strategi yaitu problem focused coping dan emotional focused coping. Hasil Regresi menunjukan terdapat peran yang signifikan antara problem focused coping dengan kualitas hidup terkait kesehatan (R�Square=0,090, p=0,000) sementara peran antara emotional focused coping dengan kualitas hidup terkait kesehatan (R-Square=0,095, p=0,000). Artinya penggunaan strategi problem focused coping dapat meningkatkan kualitas hidup terkait kesehatan pada remaja, begitu juga dengan penggunaan strategi emotional focused coping. Jika remaja menggunakan strategi coping secara efektif,positif, dan berhasil merubah situasi stressnya, maka ia mampu menyesuaikan diri serta dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Dalam pandangan Islam Strategi Coping memiliki peran terhadap Kualitas Hidup terkait kesehatan dengan mendekatkan diri kepada Allah merupakan salah satu strategi coping sehingga dapat mencapai kesejahteraan dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-397-PSI
Uncontrolled Keywords: Remaja, Strategi coping, Kualitas hidup terkait kesehatan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2023 04:41
Last Modified: 24 Mar 2023 04:41
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11114

Actions (login required)

View Item View Item