Akuan, Farra Dyba Faleria (2023) Antisipasi Keselamatan Guru Pendamping ABK Dalam Menghadapi Perilaku Perubahan Emosional Pada Siswa ABK di Talenta Center. Diploma thesis, Universitas YARSI.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (2MB) |
|
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text
9. ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (17kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
14. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
|
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
|
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
|
|
Text
17. BAB V 1602019018.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
|
Text
18. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan UU Nomor 8 tahun 2016, ADHD dapat diklasifikasikan sebagai jenis disabilitas mental bersama dengan Spectrum Autism, gangguan Bipolar dan sebagainya. ADHD cenderung mengalami sindrom inattentive, impulsivity dan hyperactivity yang berdampak terhadap aspek akademik mereka di sekolah. Sementara itu, partisipasi penyandang ADHD baik dalam bersosialisasi atau dalam lingkungan masyarakat akan menimbulkan tantangan yakni, tekanan dalam bersosialisasi, serta sejauh mana penerimaan teman sebaya terhadap penyandang ADHD. Tidak jarang terdapat pihak yang justru kurang mendukung kehadiran penyandang ADHD, sementara dukungan sosial memiliki peranan yang penting dalam perkembangan self esteem terlebih bagi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara perceived social support dengan self esteem pada remaja penyandang ADHD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini yaitu Multidimensional Perceived Social Support (MSPSS) dan Rosenberg Self Esteem Scale (RSES). Partisipan pada penelitian ini yaitu 27 partisipan remaja penyandang ADHD yang berada di wilayah Jabodetabek. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu perceived social support pada dimensi pertemanan (friends) memiliki hubungan positif dengan self esteem pada remaja penyandang ADHD (rs = 0.592, p >0.05). Sementara itu, pada dua dimensi lainnya dari perceived social support yaitu keluarga (family) dan individu yang dianggap penting (significant others) tidak memiliki hubungan yang signifikan positif dengan self esteem pada remaja penyandang ADHD. Dalam tinjauan Islam, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memandang diri positif dan berharga pada remaja penyandang ADHD adalah dengan memberikan dukungan yang dapat dipersepsikan oleh individu seperti perceived social support. memberikan sebuah dukungan kepada individu merupakan salah satu sikap terpuji dan sebuah bentuk tolong-menolong antar sesama.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Additional Information: | S-461-PSI |
| Uncontrolled Keywords: | ABK, Anak Berkebutuhan Khusus, Psikologi, Guru Pendamping |
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | Farra Akuan |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 02:54 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 02:54 |
| URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/11094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
