Pradana, Agit Permana (2022) ANALISIS PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP CYBERBULLYING PADA MURID KELAS 11 SMA 92 JAKARTA UTARA DI ERA GLOBALISASI. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
1. COVER.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
3. PERYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
13. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
Text
14. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
||
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text
17. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text
19. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
Abstract
Murid kelas 11 SMA Jakarta Aktif berinteraksi dengan media digital yang dimana pada era globalisasi saat ini maraknya permasalahan mengenai cyberbullying, khususnya di kalangan remaja. Maka pentingnya literasi digital agar dapat terhindar dari cyberbullying serta tidak menjadi pelaku cyberbullying itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruhnya literasi digital terhadap cyberbullying di kehidupan sehari-hari, terutama pada siswa SMA 92 Jakarta kelas 11 dalam penggunaan media digital. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan metode analisis data deskriptif dan asosiatif. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa pengaruhnya antara variabel literasi digital yang menggunakan teori dari Gilster dengan variabel cyberbullying yang menggunakan teori dari Kowalsky. Populasi dalam penelitian ini yaitu murid kelas 11 SMA 92 Jakarta yang mempunyai murid sebanyak 310 orang. Pada penelitian ini Teknik sample yang digunakan adalah yang bersifat non probality sampling, yaitu sebuah teknik yang pengambilannya sampelnya tidak memberi peluang ataupun kesempatan yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel literasi digital termasuk kedalam kategori baik dengan memperoleh data indeks sebesar 78,1%. Selanjutnya cyberbullying termasuk kedalam ketegori sangat baik dengan perolehan data indeks sebesar 89,7%. Pada pengujian hipotesis korelasi rank spearman menunjukkan bahwa literasi digital tidak memiliki pengaruh yang signifikan dengan cyberbullying. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi memperoleh nilai sebesar 0,410 serta nilai dari korelasi koefisiennya sebesar 0,063. Maka dari uji hipotesis ini mengartikan bahwa nilai H0 diterima dan Ha tidak diterima yang diartikan tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara literasi digital dengan cyberbullying pada murid kelas 11 SMA 92 Jakarta di era globalisasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-326-IP |
Uncontrolled Keywords: | Cyberbullying, Era Globalisasi, Literasi Digital. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Depositing User: | Agit Pradana |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 08:12 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 08:12 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10957 |
Actions (login required)
View Item |