Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGARUH MEDIA EDUKASI POSTER DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG CYBERCHONDRIA PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS YARSI

Alamsyah, Ilham Nur (2022) PENGARUH MEDIA EDUKASI POSTER DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG CYBERCHONDRIA PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS YARSI. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
16. B AB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
17. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media edukasi poster digital terhadap tingkat pengetahuan tentang Cyberchondria pada mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media edukasi poster digital terhadap tingkat pengetahuan tentang Cyberchondria pada mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI. Populasi dari penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Universitas YARSI dengan sampel 84 responden. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen one group pretest-posttest. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk memperlihatkan nilai hasil Signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media edukasi poster digital terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa FTI Universitas Yarsi mengenai Cyberchondria. Selain itu, diketahui nilai rata-rata sebelum perlakuan sebesar 65,82 dan nilai tersebut mengalami kenaikan sebesar 21,94 sehingga nilai rata-rata setelah diberi perlakuan sebesar 87,76. Dapat dikatakan bahwa pengetahuan mahasiswa meningkat setelah diberikan perlakuan melalui media edukasi poster digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-321-IP
Uncontrolled Keywords: Cyberchondria, Diagnosis mandiri, Media Edukasi, Poster Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Depositing User: ILHAM ALAMSYAH
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:53
Last Modified: 06 Jul 2023 06:53
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10955

Actions (login required)

View Item View Item