Search for collections on Universitas YARSI Repository

SYSTEMATIC REVIEW HUBUNGAN ANTARA LAJU ALIR DENGAN DERAJAT KEASAMAN (pH) SALIVA PADA LANSIA DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM

Putri, Metti Herliani (2021) SYSTEMATIC REVIEW HUBUNGAN ANTARA LAJU ALIR DENGAN DERAJAT KEASAMAN (pH) SALIVA PADA LANSIA DAN TINJAUANNYA MENURUT PANDANGAN ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. ABSTRAK DAN KATA KUNCI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
08. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
09. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text
12. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

tiga kelenjar saliva utama, yaitu, kelenjar parotis, submandibularis, dan sublingual serta kelenjar minor yang ada pada mukosa oral. Normalnya, dalam sehari jumlah saliva yang disekresikan berkisar antara 800 sampai 1.500 ml dan saliva mempunyai pH antara 6,0 dan 7,0. Penuaan mempengaruhi kelenjar ludah dan mengubah kuantitas (laju aliran) dan kualitas (komposisi protein dan ion) saliva. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan laju alir dengan derajat keasaman (pH) saliva pada lansia dan tinjauannya menurut pandangan islam. Metode: Penelitian ini berbentuk systematic review dengan pencarian literatur dilakukan pada bulan Oktober - November 2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu dalam rentang waktu 2010-2020. Situs database yang digunakan pada studi ini adalah Google Scholer, Pubmed, dan Scient Direct. Penentuan dan penyusunan protokol registrasi pada jurnal yang digunakan berdasarkan the Joanna Briggs Institute Guideline dan hasil ditabulasi menggunapan diagram flow PRISMA. Hasil: Peneliti menemukan 3.544 jurnal yang sesuai dengan kata kunci, namun setelah melewati penyaringan kriteria yang diambil, tersisa 292 jurnal. Penyaringan untuk fulltext menyisakan 289 jurnal. Jurnal yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 6 jurnal dan terdapat 1 jurnal yang sama sehingga dikeluarkan dalam jurnal terpilih. Hasil akhir dari pencarian jurnal adalah sebanyak 5 jurnal. Dari 5 jurnal yang memenuhi kriteria untuk systematic review didapatkan hasil sebanyak 3 buah studi menggunakan desain cross-sectional, 1 buah studi menggunakan desain deskriptif analitik, dan 1 studi menggunakan desain deskriptif. Jumlah peserta dari kelima jurnal tersebut sebanyak 664 orang. Simpulan: Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan laju alir dan pH saliva pada lansia ini dalam studi literature systemic review seperti, penyakit sistemik, obat-obatan, pola hidup yang tidak bersih dan sehat, dan kondisi patologis lainnya serta dapat menjadi dampak terjadinya karies pada gigi. Islam menganjurkan agar senantiasa menjaga kebersihan gigi dan mulut sesuai dengan ajaran Rasulullah terutama pada lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6762-FK
Uncontrolled Keywords: Saliva, Lansia, Laju Alir Saliva, pH Saliva
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:50
Last Modified: 26 Jan 2023 08:50
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item