Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERANCANGAN APLIKASI TUNTUNAN LAGU DALAM SENI MEMBACA AL-QUR’AN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE THROWAWAY PROTOTYPING DEVELOPMENT

Purnama, Elvira Nanda (2021) PERANCANGAN APLIKASI TUNTUNAN LAGU DALAM SENI MEMBACA AL-QUR’AN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE THROWAWAY PROTOTYPING DEVELOPMENT. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Orisinalitas.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Di Indonesia lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an lumrah disebut dengan Qira’ah, Seni baca Al-Qur’an jenis Qira’ah ini biasanya disebut dengan gaya mujawwad yang artinya menjadi baik atau bagus Munawwir (1999) (dalam Suryati, 2017). Tausyih adalah patokan atau tata cara melantunkan qira’ah yang berupa syair dan bukan berupa ayat al-Qur’an. Di dalam Tausyih bisa dijadikan patokan lagu tilawah al-Qur’an (Kuntarto, 2016). Tausyih merupakan ilmu yang menjembatani untuk mempelajari seni membaca Al-Qur’an, lantaran kita tidak akan mampu mempelajari seni membaca Al-Qur’an kalau tidak tahu patokannya, tausyih yang diangkat dalam penelitian kali ini ialah dari Qori H.Muammar ZA. Dalam keseharian banyak yang mempunyai minat untuk mempelajari lagu -lagu dalam seni membaca Al-Qur’an namun di zaman yang sibuk seperti sekarang ini sulit untuk menemukan pengajar maupun ustadz untuk mempelajari dalam seni membaca Al-Qur’an. Proses digitalisasi banyak dilakukan mulai dari buku-buku sampai kitab suci merupakan suatu hal yang positif bagi umat islam. Gadget merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dalam era ini seperti smartphone menjadi hal yang lumrah digunakan masyarakat untuk kehidupan sehari-hari dalam hal ini dapat dijadikan wadah untuk memotivasi seseorang untuk mempelajari tausyih qiroah dalam seni membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu Dalam hal ini penulis mengangkat topik yang akandigunakan untuk penelitian kali ini dengan pengaplikasian Tuntunan Lagu dalam Seni Membaca Al- Qur’an Berbasis Android. Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi Tuntunan Lagu dalam Seni Membaca Al- Qur’an Berbasis Android ialah dengan menggunakan metode Throwaway Prototyping Development yang terdiri dari tahap perancangan, tahap analisis, tahap desain, tahap implementasi,dan tahap pengujian sistem. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk mempelajari tuntunan lagu dalam seni membaca Al-Qur’an dengan menggunakan tausyih. User dapat memutar tuntunan lagu berupa 7 tausyih, membaca pengetahuan seputar seni membaca Al-Qur’an serta menu favorit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-780-FTI
Uncontrolled Keywords: Seni membaca Al-Qur’an, tausyih, Android, Throwaway Protoyping Development
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Depositing User: ELVIRA PURNAMA
Date Deposited: 13 Nov 2023 10:47
Last Modified: 13 Nov 2023 10:47
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10569

Actions (login required)

View Item View Item