Search for collections on Universitas YARSI Repository

PENGARUH EKSTRAK DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten.) Stennis) TERHADAP VIABILITAS DAN MIGRASI SEL HUMAN DERMAL FIBROBLAST KONDISI HIGH GLUCOSE DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM

Najah, Widatun (2020) PENGARUH EKSTRAK DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia (Ten.) Stennis) TERHADAP VIABILITAS DAN MIGRASI SEL HUMAN DERMAL FIBROBLAST KONDISI HIGH GLUCOSE DAN TINJAUANNYA MENURUT ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
01.COVER SKRIPSI Widatun Najah tgl.1-9-22.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan Widatun Najah 1102016225.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hlm pernyataan widatun.1102016225.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.ABSTRAK SKRIPSI Widatun Najah tgl.1-9-22.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07.BAB I SKRIPSI Widatun Najah tgl.1-9-22.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI Widatun Najah tgl.1-9-22.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text
08.BAB II SKRIPSI Widatun Najah tgl.1-9-22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
09.BAB III SKRIPSI Widatun Najah tgl.1-9-22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
10.BAB IV SKRIPSI Widatun Najah tgl.1-9-22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
11.BAB V SKRIPSI Widatun Najah tgl.1-9-22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
12.BAB VI SKRIPSI Widatun Najah tgl.1-9-22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
15.LAMPIRAN SKRIPSI Widatun Najah tgl.1-9-22.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit diabetes melitus adalah penyakit yang dapat menyerang berbagai usia dan seperti kita ketahui diabetes melitus juga dapat menimbulkan komplikasi berupa luka diabetikum. Dalam negara indonesia banyak sekali tanaman tradisional salah satunya daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) yang memiliki kemampuan untuk mempercepat penyembuhan terhadap luka. Proses penyembuhan luka dipengaruhi oleh beberapa sel dalam tubuh seperti Human Dermal Fibroblast (HDF) yang memilki fibroblast growth factors (FGF), bekerja dengan membantu migrasi dan proses diferensiasi sel dalam mempercepat penutupan luka. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan penelitian terhadap manfaat tanaman obat untuk luka diabetikum yang berbasis dari sel. Penelitian ini juga dilakukan untuk memenuhi perintah Agama Islam dalam menuntut ilmu dan mempermudah pencarian pengobatan. Metode : Sel HDF diperoleh dari biorespiratory Universitas YARSI lalu ditanam pada plate 96 well dengan kepadatan 10.000 sel/well serta 3 kelompok ulangan untuk uji Viabilitas dan ditanam pada plate 24 well dengan kepadatan 40.000 sel/well untuk uji Migrasi. Penelitian ini menggunakan beberapa variasi konsentrasi kelompok perlakuan ekstrak etanol daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) yaitu 0.5%, 1%, 2%, 4%, 6%, 8%, dan 10%. Penelitian ini juga menggunakan DMEM standar sebagai kontrol negatif dan DMEM high glucose sebagai kontrol positif. Kelompok perlakuan uji Viabilitas lalu diukur dalam 24 jam dengan uji CCK-8, sedangkan kelompok perlakuan mirgasi setelah dilakukan sctrach dilanjutkan dengan pengamatan selama 48 jam. Data kuantitatif kemampuan viabilitas sel yang diukur dalam satuan Optical Density (OD), sedangkan uji migrasi dinilai dengan menggunakan T-Scratch. Hasil : Pemberian dosis ektrak daun binahong(Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) 0.5%, 1% dan 2% dapat mempengaruhi viabilitas sel HDF pada kondisi high glucose. Serta dosis ektrak daun binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) 0.5% dan 1% dapat mempengaruhi percepatan migrasi sel HDF pada kondisi high glucose. Kesimpulan : Pemberian dosis ekstrak daun binahong dapat mempengaruhi viabilitas dan migrasi sel HDF pada kondisi high glucose. Dalam pandangan Islam, penelitian pengaruh ekstrak daun binahong ini diperlukan dalam upaya mencari ilmu pengetahuan dan kemudahan dalam memelihara jiwa karena hukumnya adalah Fardu Kifayah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-6729-FK
Uncontrolled Keywords: Viabilitas, Migrasi, Human Dermal Fibroblast (HDF), Penyembuhan Luka Diabetikum, Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Depositing User: Unnamed user with email admin@yarsi.ac.id
Date Deposited: 11 Jan 2023 03:13
Last Modified: 11 Jan 2023 03:13
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10516

Actions (login required)

View Item View Item