Search for collections on Universitas YARSI Repository

PERANCANGAN APLIKASI BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

Ramadhani, Adelia Shyfa Fauziah (2022) PERANCANGAN APLIKASI BELAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Universitas YARSI.

[img]
Preview
Text
1. Cover Sampul.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text
5. Halaman Pengesahan 140 2017 003.pdf

Download (83kB)
[img] Text
4. Halaman Pernyataan Orisinalitas 1402017003.pdf

Download (38kB)
[img] Text
3. Abstrak 1402017003.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
12. Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
13. Bab 2 Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text
14. Bab 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
15. Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img] Text
16. Bab 5 Tinjauan Islam Terhadap Perancangan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Sekolah Dasar Berbasis Android.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
17. Bab 6 Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
19. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris saat ini di Indonesia sudah mulai diajarkan pada siswa tingkat Sekolah Dasar, hal ini didasarkan bahwa penggunaan Bahasa Inggris harus ditanamkan sejak dini untuk mempersiapkan sumber daya Indonesia siap bersaing dengan sumber daya asing. Permasalahan yang muncul adalah merubah mindset masyarakat Indonesia dari belajar Bahasa Inggris itu “sulit” menjadi “menyenangkan”. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis mencoba menciptakan lingkungan yang nyaman dan mendukung dalam belajar Bahasa Inggris berupa Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Android, Metodologi yang digunakan adalah extreme programming. Pengujian aplikasi dengan menggunakan black box dan system usability scale. Metodologi pengembangan perangkat lunak extreme programming. Extreme programming adalah metode pengembangan sistem yang terstruktur dan sistem dapat menentukan serangkaian aktiitas, metode, alat yang dirancang dalam proses pengembangan. Black box merupakan salah satu testing yang mudah digunakan. Teknik pengujian black box yang berfokus pada spesifikasi fungsional perangkat lunak. System usability scale (SUS) merupakan metode penilaian kegunaan yang memberikan skor kecocokan berdasarkan jumlah pertimbangan yang tepat berdasarkan ukuran sampel yang kecil, pertimbangan waktu dan biaya. Hasil yang didapatkan dari aplikasi setelah pengujian yaitu, 85% yang di mana dapat dinilai sebagai bagus untuk digunakan anak. Menurut tinjauan Islam untuk aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak usia sekolah dasar berbasis android diperbolehkan karena terdapat manfaat yang dapat menambah pengetahuan untuk penggunaannya dan tidak terdapat mudorot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: S-784-FTI
Uncontrolled Keywords: Unity, extreme programming, Android, belajar bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PR English literature
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: ADELIA RAMADHANI
Date Deposited: 21 Nov 2023 04:37
Last Modified: 21 Nov 2023 04:37
URI: http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10495

Actions (login required)

View Item View Item