Rahman, Arnanto Fadli (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT LITERASI SISWA DI SDN 22 TUGU UTARA. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
COVER.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
04. HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
03. HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
Abstract
Stategi guru adalah suatu metode atau strategi yang diterapkan olen para guru terhadap muridnya. Strategi yang dibuat oleh para guru di SDN 22 Tugu Utara memiliki tujuan untuk meningkatakan kembali minat para siswanya dalam hal literasi. Menurut hasil obseravasi dan wawancara yang dilakukan peneliti, di SDN 22 Tugu Utara mengalami penurunan literasi. Penurunan minat literasi terjadi pada saat pembelajaran online, tetapi memasuki pembelajaran offline para guru menerapkan strategi mereka untuk meningkatkan kembali minat literasi. Dengan strategi guru tersebut minat siswa terhadap literasi kembali meningkat, dan berhasil mendapatkan peringkat ke 2 di Program Baca Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada Deskriptif Kualitatif, dengan pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Hasil dari penilitian ini yaitu, guru memiliki strategi dalam meningkatkan minat literasi peserta didik menjadi 2 program yaitu strategi program dan strategi non program. Strategi program adalah strategi yang sudah terjadwal, seperti : lomba literasi, penyuluhan literasi, dan membaca 15 menit. Sedangkan strategi non program adalah startegi yang tidak terjadwal dan inisiatif yang telah dibuat oleh para guru tersebut, seperti: review literasi, curah pendapat, penyajian literasi, dan merekomendasikan buku bacaan. Dari strategi yang diterapkan oleh para tersebut, peningkatan yang dirasakan oleh para guru terhadap minat literasi para siswanya yaitu : jumlah pengunjung perpustakaan yang bertambah, dalam hal review anak-anak semakin tertarik, dan jumlah murid kelas rendah semakin meningkat dalam hal membaca.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-307-IP |
Uncontrolled Keywords: | Literasi , Guru, Peningkatan, GLS, Ilmu perpustakaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Depositing User: | Arnanto Rahman |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:58 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:58 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10090 |
Actions (login required)
View Item |