Anindityo, Bretya Adhi (2021) PERAN ONLINE LEARNING SELF-EFFICACY TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 SERTA TINJAUANNYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Diploma thesis, Universitas YARSI.
|
Text
COVER 1602017010.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Orisinalitas Bretya Adhi.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak (Eng-In).pdf Download (782kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
||
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pandemi COVID-19 mempengaruhi sektor pendidikan yang mengakibatkan metode pembelajaran diubah dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring tentunya menimbulkan berbagai tantangan dan tuntutan yang menguji resiliensi akademik mahasiswa untuk memperoleh hasil yang memuaskan dalam pembelajaran daring. Resiliensi akademik individu dipengaruhi oleh keyakinan (self-efficacy) individu tersebut sehingga diduga keyakinan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran daring (online learning self-efficacy) berperan terhadap resiliensi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran online learning self-efficacy terhadap resiliensi akademik mahasiswa selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan 126 sampel mahasiswayang diperoleh melalui proses teknik accidental sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala online learning self-efficacydan academic resilience scale (ARS-30). Penelitian ini menggunakan uji content validity dan internal consistency reliability untuk menguji validitas dan reliabilitas alat ukur yang digunakan serta corrected item total-correlation untuk analisa item. Penelitian ini juga melakukan uji normalitas (klomogorov smirnov), uji linearitas, uji korelasi (pearson product moment) dan uji hipotesis. Hasilnya, online learning self-efficacy berperan sebanyak 28,6% terhadap resiliensi akademik mahasiswa selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 dimana peran dimensi keyakinan diri untuk menyelesaikan tugas daring/online adalah yang paling signifikan dalam mempengaruhi resiliensi akademik. Dalam perspektif Islam menunjukan bahwa online learning self-efficacy terhadap resiliensi akademik mahasiswa selama pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19 berperan sebagai momentum bagi mahasiswa untuk berikhtiar dan bertawakkal untuk memperoleh kemudahan, keyakinan dan jalan keluar dari Allah SWT untuk melewati tuntutan belajar daring agar dapat menjadi pribadi yang kuat, bertakwa dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi cobaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | S-399-PSI |
Uncontrolled Keywords: | online learning self-efficacy, pembelajaran daring, resiliensi akademik, pandemi COVID-19. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Depositing User: | BRETYA ANINDITYO |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 02:21 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:21 |
URI: | http://digilib.yarsi.ac.id/id/eprint/10021 |
Actions (login required)
View Item |